Minggu, 14 April 2013

Jenis Jenis Keputusan


Sebuah Keputusan merupakan pilihan yang dibuat dari alternatif-alternatif yang ada. Banyak orang menyangka bahwa membuat pilihan adalah bagian yang besar dalam proses pengambilan keputusan, tetapi tidak. Membuat pilihan hanyalah salah satu bagiannya saja.

Pengambilan Keputusan adalah proses dalam mengenali masalah-masalah dan peluang-peluang untuk kemudian dipecahkan. Pengambilan keputusan mengharuskan adanya usaha baik sebelum ataupun sesudah dibuatnya pilihan yang nyata.

Keputusan yang Terprogram dan Tidak Terprogram

Keputusan yang Terprogram adalah sebuah keputusan yang diambil untuk menjawab situasi yang serig kal muncul sehingga ketentuan-ketentuan dalam mengambil keputusan dapat dibuat dan ditretapkan. Keputusan Yang terprogram laninya biasanya menyangkut suatu keahlian tertentu untuk mengisi jabatan tertentu, titiik pemesanan ulanguntuk memanufaktur pengecualian inventaris yang melaporkan pengeluaran senilaisepuluh persen atau lebih over budget, seleksi rute-rute pengangkutan untuk mengantarkan produk.
Contoh : pengambilan keputusan di Rumah Sakit
Tukar dinas, ganti orang jika karyawan mendadak sakit, stock obat habis, pemeriksaan lab second opinion, jam kunjung pasien

Keputusan yang Tidak Terprogram adalah keputusan yang diambil untuk menjawab situasi yang unik, sulit dikenali dan sangat tidak terstrukturserta membawa konsekuensipenting bagi organisasi. Sebagian besar kepusan tidak terprogram berkaitan dengan perencanaan strategis karena tingkat ketidakjelasannyayang tinggi dan keputusan-keputusan yang harus diambil pun rumit.
Contoh : pengambilan keputusan di Rumah Sakit
Buka cabang, masalah obat KJS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar