Segmentation adalah proses
mengelompokkan pasar bedasarkan kategori-kategori tertentu. By segmenting your
market you can better match supply and demand . Segmentasi dilakukan
berdasarkan geografi, demografi, tingkat pendapatan, psychographic, tingkah
laku, status pemakai, tingkatan konsumen, dan status kesetiaan pelanggan.
Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian memilih satu atau lebih karakteristik untuk dilayani. Dalam proses ini perusahaan mempertimbangkan apakah akan memilih segmen massal, beberapa segmen, segmen kecil, dan segmen sangat kecil. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih segmen yaitu sumber daya perusahaan, variasi produk perusahaan, product life cycle stage, variasi pasar dan strategi pesai.
Positioning adalah Penanaman suatu produk di benak konsumen . Positioning is how marketers influence customer’s perceptions of a product on service . Tujuan posisi yang bisa dipilih oleh perusahaan , yaitu memperkuat dan memperluas posisi perusahaan yang sekarang, membuat posisi baru yang belum dibuat oleh perusahaan lain, melakukan reposisi dalam persaingan, dan menciptakan eksklusifitas.
Contoh produk makanan McDonald :
Segmentasi
Demografi segmentasi, McDonald menawarkan produk berbeda seperti Happy Meal yang memberikan
mainan gratis kepada anak-anak. McDonald telah membuat lingkungan yang cocok
bagi siswa sekolah untuk bergaul dengan teman-temannya dan bisa mendapatkan
makan siang mereka di McDonald
Psychographic segmentation, dengan adanya McDonald kini konsumen bisa menikmati makan dengan
suasana dan kenyamanan yang berbeda sehingga mampu mengubah gaya hidup konsumen
menjadi pribadi yang berkelompok dan bisa mengubah kelas social mereka
Targeting
Pria dan wanita, anak-anak, mahasiswa dan keluarga. Mereka juga
membuat McDonald sebagai tempat bersantai dan bahkan hiburan
Positioning
McDonald telah
diarahkan sebagai restoran keluarga. Dimulai diposisi anak-anak dengan memperkenalkan
iklan baru mainan dengan produk Happy Meal. Kini anak muda dan dewasa telah
menerima kehadiran McDonald sehingga McDonald memposisikan sebagai tempat untuk
segala usia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar