Sabtu, 16 Maret 2013

Analisis Lingkungan


Analisis Lingkungan digunakan untuk sebuah perusahaan dalam memetakkan keberadaanya di lingkungan bisnisnya, sehingga mampu memanfaatkanya atau mengambil celah yang ada untuk meraih pangsa pasar.

Analisis Lingkungan Internal
Analisis Lingkungan Internal itu berkaitan dengan Kekuatan dan Kelemahan dari kondisi Internal Perusahaan. Pada analisis SWOT tentang lingkungan internal, kita mengetahui adanya Strenght (kekuatan) dan Weakness (kelemahan).

Analisis Lingkungan Eksternal
Analisis Lingkungan Eksternal ini merupakan analisis terhadap dunia pesaing perusahaan dari arah mana saja. Termasuk di dalamnya mempelajari faktor-faktor eksternal terhadap perusahaan, seperti risiko-risiko pasar perusahaan. Di dalam analisis SWOT tentang Lingkungan Eksternal, didalamnya terdapat Opportunity (Peluang) dan Threats (Ancaman).

Contoh unit usaha : Toko Sepatu

Lingkungan apa saja yang ada di dalam lingkungan Internal dan Eksternal ?

Environmental Change : listrik, karena toko sepatu lebih membutuhkan penerangan yang menarik agar menarik minat konsumen untuk masuk ke dalam tokonya

Environmental Complexity : banyak toko-toko sepatu baru bermunculan, hal ini semakin sulit diprediksi persaingan semakin ketat

Analisis SWOT

Strenght (kekuatan)
       1.       Material atau bahan baku berasal dari bahan yang berkualitas
       2.      Mempunyai costumer service di setiap pulau di indonesia
       3.      Memiliki produk yang beragam dan berbeda dengan dari brand-brand lain
       4 .    Semua produk handmade jadi tidak pasaran
       5.      Menciptakan diversivikasi produk dimana tidak hanya mengeluarkan produk sepatu tapi juga menciptakan produk-produk accessories, pakaian, dan celana sehingga dapat meningkatkan nilai toko

Weakness (Kelemahan)
       1.      Karena banyak diversivikasi produk, maka dalam pembagian manajemen juga mengalami cukup kendala
       2.      Sulitnya mengawasi secara langsung karena memiliki online shopping
       3.      Karena semua handmade, stock jadi terbatas
       4.      Pemesanan melalui SMS/online terkadang terjadi kehilangan jaringan
       5.      Belum bisa melayani pesanan luar negeri

Opportunity (Peluang)
       1.      Konsumen bisa dengan mudah memesan produk karena tersebarnya CS di Indonesia
       2.      Menarik reseller baru yang ingin bergabung
       3.      Telah membangun hubungan saling percaya terhadap konsumen
       4.      Karena sudah banyak peminat di Indonesia, mulai memperhitungkan membuka pasar sampai luar negeri
       5.      Menggunakan kemasan yang menarik dan memakai model para artis untuk mempromosikannya

Threats (Ancaman)
       1.      Banyak toko-toko lain yang meniru design karena terpajang di online shopping
       2.      Adanya penyerangan informasi palsu di situs web
       3.      Banyak toko sepatu lain mengeluarkan inovasi baru
       4.      Merupakan industri fashion yang selalu berubah seiring jaman
       5.      Banyak toko sepatu baru yang menimbulkan persaingan

    sumber : http://ihahibban.blogspot.com/2012/10/materi-manajemen-pemasaran-contoh-kasus.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar