Lingkungan Pemasaran adalah
lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di
luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran
untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan
sasaran. Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara
terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan
terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat
menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar
yang baru.
Analisis SWOT
adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths),
kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats)
dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang
membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan
penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan
mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak
dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara
menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya,
kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah
bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage)
dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi
kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari
peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths)
mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagimana
cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats)
menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
contoh unit usaha makanan : McDonald's
KEKUATAN
1. harga yang terjangkau bagi para pelanggan dengan bahan makanan yang berkualitas
2. standar makanan terpenuhi melalui penelitian, keamanan pangan, dan pengembangan kualitas
3. outlet perusahaan ditempatkan di wilayah yang stategis dan mudah dijangkau
4. terdapat informasi nilai gizi yang dapat membantu melihat nutrisi yang terkandung pada setiap makanan
5. adanya pengakuan atas merk
6. kesuksesan dalam periklanannya, seperti adanya kata " Im Loving It" dalam setiap pemasarannya
7. tempat penjualan yang bersih dan adanya tempat bermain untuk anak-anak
8. adanya sistem delivery order yang mudah digunakan oleh konsumennya
KELEMAHAN
1. inovasi terhadap produk kurang memiliki spesifikasi
2. teknik pemasaran atau periklanan yang hanya diutamakan pada anak-anak
PELUANG
1. MD menawarkan berbagai kesempatan kerja dan mampu mengatasi pengangguran
2. menggabungkan komitmen lingkungan dalam sehari-hari dan menggunakan kemasan daur ulang
3. MD telah membangun hubungan saling percaya dengan pelanggan
4. melakukan pengawetan dengan bahan-bahan alami
ANCAMAN
1. adanya penyerangan informasi palsu di E-mail dan situs web MD
2. adanya isu flu burung dan tingkat logam berat pada ikan, daging dan unggas
3. banyaknya industri makanan cepat saji yang menimbulkan persaingan
4. adanya ancaman obesitas dengan memakan makanan cepat saji
5. merupakan industri yang mudah mengalami kejenuhan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar