Minggu, 02 Desember 2012

lingkungan pemasaran


Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.

Analisis SWOT 
adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

contoh unit usaha makanan : McDonald's

KEKUATAN
1. harga yang terjangkau bagi para pelanggan dengan bahan makanan yang berkualitas
2. standar makanan terpenuhi melalui penelitian, keamanan pangan, dan pengembangan kualitas
3. outlet perusahaan ditempatkan di wilayah yang stategis dan mudah dijangkau
4. terdapat informasi nilai gizi  yang dapat membantu melihat nutrisi yang terkandung pada setiap makanan
5. adanya pengakuan atas merk
6. kesuksesan dalam periklanannya, seperti adanya kata " Im Loving It" dalam setiap pemasarannya
7. tempat penjualan yang bersih dan adanya tempat bermain untuk anak-anak
8. adanya sistem delivery order yang mudah digunakan oleh konsumennya

KELEMAHAN
1. inovasi terhadap produk kurang memiliki spesifikasi
2. teknik pemasaran atau periklanan yang hanya diutamakan pada anak-anak

PELUANG
1. MD menawarkan berbagai kesempatan kerja dan mampu mengatasi pengangguran
2. menggabungkan komitmen lingkungan dalam sehari-hari dan menggunakan kemasan daur ulang
3. MD telah membangun hubungan saling percaya dengan pelanggan
4. melakukan pengawetan dengan bahan-bahan alami

ANCAMAN 
1. adanya penyerangan informasi palsu di E-mail dan situs web MD
2. adanya isu flu burung dan tingkat logam berat pada ikan, daging dan unggas
3. banyaknya industri makanan cepat saji yang menimbulkan persaingan
4. adanya ancaman obesitas dengan memakan makanan cepat saji
5. merupakan industri yang mudah mengalami kejenuhan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar