Minggu, 25 November 2012

Merek (Brand)


        Merek (brand) merupakan nama, istilah, tanda, simbol, atau desain atau panduan dari hal-hal tersebut yang dimaksudkan untuk memberi identitas bagi barang atau jasa yang dibuat atau disediakan suatu penjual atau kelompok penjual serta untuk membedakannya dari barang atau jasa yang disediakan pesaing. merek merupakan suatu simbol yang kompleks yang dapat menymapaikan enam tingkat pengertian, anatara lain:

1.  atribut (attributes). suatu merek mendatangkan atribut tertentu ke dalam pikiran konsumen. misalnya, mercedes memberi kesan mahal, kokoh, tangguh, tahan lama dan mobil dengan prestise tinggi.
2.    manfaat (benefits). atribut yang ada harus diterjemahkan menjadi manfaat fungsional dan emosiaonal. misalnya atribut tahan lama dapat mengartikan manfaat fungsional yaitu dengan mercedes, saya tidak akan perlu membeli mobil lain dalam beberapa tahun mendatang. begitu juga dengan atribut mahal dapat diartikan ke dalam manfaat emosional yaitu mercedes membuat saya merasapenting dan dikagumi
3.  nilai (value). merek juga menyatakan sesuatu tentang nilai pembuatnya/produsen. sebagai contoh merecedes merefleksikan standar nilai kinerja, keamanan, dan prestise tinggi
4.   budaya (culture). merek dapat merepresentasikan budaya tertentu. sebagai contoh mercedes merepresentasikan kultur masyarakat jerman yang terorganisasi, efisien, dan berkualitas tinggi
5.  kepribadian (personality). merek dapat menjadi proyeksi dari pribadi tertentu. misalnya mercedes dapat memberi kesan seorang pemimpin yang berkuasa di kantornya
6.   pengguna (user). mereka mengesankan tipe konsumen tertentu yang membeli atau menggunakan produk tersebut. misalnya mercedes dapat mengesankan pemakai dari kalangan top eksekutif yang telah berumur 50an (kapferer, 1992 dalam Kotler,2003:418-419)

ekuitas merek
pengertian ekuitas merek
              menurut aaker (1997:22-23), ekuitas merek adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu barang atau jasa kepada perusahaan atau para pelanggan perusahaan. ekuitas merek dapat dikelompokkan ke dalam lima kategori:
1. kesadaran merek (brand awarness), menunjukkan kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu.
2.    asosiasi merek (brand assosiation), mencerminkan pencitraan suatu merek terhadap suatu kesan tertentu dalam kaitannya dengan kebiasaan, gaya hidup, manfaat, atribut produk, harga, pesaing, selebritis, dan lain-lain.
3.  persepsi kualitas (perceived quality), mencerminkan persepsi pelanggan terhadap keseluruhan kualitas/keunggulan suatu produk atau jasa layanan berkenaan dengan maksud yang diharapkan.
4.  loyalitas merek (brand loyalty), mencerminkan tingkat keterikatan konsumen dengan suatu merek produk
5.  aset-aset merek lainnya (othe propriertary brand assets), dapat berupa paten, cap dagang dan saluran distribusi

contoh produk merk McDonald
Restoran ini telah memiliki logo sendiri yaitu  The Golden Arch artinya dipercaya dan dihargai di seluruh dunia Logo ini dirancang oleh George Dexter yang merupakan seorang perancang  neonsign.  Logo ini memiliki warna kuning terang dan berbentuk simple, mudah diingat dan juga secara tidak langsung mencerminkan huruf “M” dari McDonald's.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar