Dwi Purnamasari (12212300 – 3EA17)
Roda analisis perilaku konsumen ada 3, sebutkan dan
jelaskan!
1. Elemen Efeksi dan Kognisi
Elemen
efeksi dan kognisi merupakan dua tipe tanggapan internal psikologis pada diri konsumen terhadap rangsangan lingkungan dan kejadian yang berlangsung. Efeksi melibatkan perasaan, sedangkan kognisi melibatkan
pikiran.Tanggapan efeksi beragam, misalnya penilaian positif- negatif, rasa senang-tidak senang. Keragaman tanggapan dapat melibatkan emosi
(cinta dan marah), melibatkan tingkat
perasaan (kepuasan,
frustasi),
dan tergantung pada suasana hati (kebosanan) serta melibatkan evaluasi
(suka-tidak
suka). Kognisi merupakan proses mental dan psikologis serta struktur pengetahuan yang dilibatkan
dalam tanggapan
seseorang terhadap lingkung-annya. Hal tersebut termasuk pengetahuan yang didapat dari pengalaman dan pengetahuan yang telah tertanam dalam memori. Proses psikologi yang termasuk dalam aspek kognisi diantaranya perhatian dan pemahaman terhadap aspek lingkungan, mengingat kejadian masa lalu, pembentukan evaluasi, dan pembuatan keputusan pembelian. Aspek kognisi biasa terjadi melalui proses berpikir sadar
ataupun dapat terjadi
secara tidak sadar dan otomatis.
2. Lingkungan
Elemen
lingkungan (environment ) adalah menujuk pada rangsangan fisik dan social yang komplek di luar diri (eksternal) konsumen. Diantaranya adalah benda-benda, tempat dan
orang lain yang
dapat mempengaruhi efeksi, kognisi serta perilaku konsumen.
3.
Perilaku
Menurut Engel, et al. (1994)
perilaku konsumen adalah suatu tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan,
mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk keputusan mendahului
dan menyusuli tindakan ini.
Faktor-faktor
apa saja yang mempengaruhi pembelian secara online (pilih salah satu online
shop)!
Menurut (Deavaj et al. 2003), Keputusan membeli secara
online dipengaruhi oleh:
1) Efisiensi
untuk pencarian (waktu cepat, mudah dalam penggunaan, dan usaha pencarian
mudah)
2) Value
(harga bersaing dan kualitas baik)
3) Interaksi
(informasi, keamanan, load time, dan navigasi).
Kemudahan
dalam mencari informasi tergantung dari layout halaman web. Jika layout cukup
jelas, waktu yang diperlukan untuk searching dapat dipersingkat. Usaha untuk
searching lebih mudah. Sehingga efisiensi meningkat. Informasi pada halaman web
dihubungkan dengan beberapa komponen teks atau grafis. Bagaimana dan dimana
komponen kan diletakan mempengaruhi navigasi user dan interaksi antara user
dengan halaman web. Ukuran komponen isi dan grafis mempengaruhi waktu loading.
Lazada
merupakan top online retailer di Indonesia. Kami memberikan Anda kemudahan
untuk membeli segala produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah
tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke situs
Lazada.
Dengan
fasilitas pre-order, Anda akan memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang
terbaru yang Anda inginkan. Dapatkan pula berbagai diskon dengan potongan harga
termurah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik untuk Anda. Informasi
mengenai segala produk yang Anda inginkan juga bisa Anda dapatkan dengan mudah
di website kami untuk kenyamanan Anda berbelanja.
Produk
pesanan akan kami antar ke rumah Anda dengan pelayanan kurir yang cepat dengan
kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Dengan pembayaran melalui kartu
kredit, transfer antarbank, dan bayar di tempat (Cash on Delivery), kami
menawarkan metode pembayaran yang pastinya mudah dan aman demi kenyamanan Anda
berbelanja.
Beberapa alasan
mengapa konsumen menggunakan jasa Lazada.co.id untuk berbelanja secara online
adalah sebagai berikut :
1.
Merupakan salah satu one-stop-shopping yang
bisa memenuhi kebutuhan sehari hari dengan sekejap.
2.
Menawarkan banyak diskon
setiap harinya.
3.
Layanan bebas ongkos kirim.
4.
Lazada menyediakan berbagai jenis sistem pembayaran mulai dari :
1. Transfer.
1. Transfer.
2. Kartu Kredit.
3. Tunai atau yang lebih sering disebut dengan
Cash on Delivery ( COD ).
5.
Memberikan
garansi uang kembali jika barang yang kita beli ternyata saat diterima cacat
atau tidak sesuai dengan apa yang terlihat dan tertulis di situs toko
online-nya.
6. Merupakan toko
online retailer berkelas internasional. Lazada tidak hanya ada
di Indonesia, tapi juga ada di negara lain, seperti: Malaysia, Thailand,
Vietnam, dan Philippines.
Daftar pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://www.lazada.co.id/about/
Daftar pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://www.lazada.co.id/about/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar