Kamis, 15 Januari 2015

Tugas Softskill Perilaku Konsumen

Dwi Purnamasari (12212300 – 3EA17)

Roda analisis perilaku konsumen ada 3, sebutkan dan jelaskan!
1.    Elemen Efeksi dan Kognisi
Elemen efeksi dan kognisi merupakan dua tipe tanggapan internal psikologis pada diri konsumen terhadap rangsangan lingkungan dan kejadian yang berlangsung. Efeksi melibatkan perasaan, sedangkan kognisi melibatkan pikiran.Tanggapan efeksi beragam, misalnya penilaian positif- negatif, rasa senang-tidak senang. Keragaman tanggapan dapat melibatkan emosi (cinta dan marah),  melibatkan tingkat perasaan (kepuasan, frustasi), dan tergantung pada suasana hati (kebosanan) serta melibatkan evaluasi (suka-tidak suka). Kognisi merupakan proses mental dan psikologis serta struktur pengetahuan yang dilibatkan dalam tanggapan seseorang terhadap lingkung-annya. Hal tersebut termasuk pengetahuan yang didapat dari pengalaman dan pengetahuan yang telah tertanam dalam memori. Proses psikologi yang termasuk dalam aspek kognisi diantaranya perhatian dan pemahaman terhadap aspek lingkungan, mengingat kejadian masa lalu, pembentukan evaluasi, dan pembuatan keputusan pembelian. Aspek kognisi biasa terjadi melalui proses berpikir sadar ataupun dapat terjadi secara tidak sadar dan otomatis.
2.    Lingkungan
Elemen lingkungan (environment ) adalah menujuk pada rangsangan fisik dan social yang komplek di luar diri (eksternal) konsumen. Diantaranya adalah benda-benda, tempat dan orang lain yang dapat mempengaruhi efeksi, kognisi serta perilaku konsumen.
3.    Perilaku
Menurut Engel, et al. (1994) perilaku konsumen adalah suatu tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk keputusan mendahului dan menyusuli tindakan ini.

Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembelian secara online (pilih salah satu online shop)!
Menurut (Deavaj et al. 2003), Keputusan membeli secara online dipengaruhi oleh:
1)   Efisiensi untuk  pencarian (waktu cepat, mudah dalam penggunaan, dan usaha pencarian mudah)
2)   Value (harga bersaing dan kualitas baik)
3)   Interaksi (informasi, keamanan, load time, dan navigasi).


Kemudahan dalam mencari informasi tergantung dari layout halaman web. Jika layout cukup jelas, waktu yang diperlukan untuk searching dapat dipersingkat. Usaha untuk searching lebih mudah. Sehingga efisiensi meningkat. Informasi pada halaman web dihubungkan dengan beberapa komponen teks atau grafis. Bagaimana dan dimana komponen kan diletakan mempengaruhi navigasi user dan interaksi antara user dengan halaman web. Ukuran komponen isi dan grafis mempengaruhi waktu loading.
Lazada merupakan top online retailer di Indonesia. Kami memberikan Anda kemudahan untuk membeli segala produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke situs Lazada.
Dengan fasilitas pre-order, Anda akan memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang Anda inginkan. Dapatkan pula berbagai diskon dengan potongan harga termurah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik untuk Anda. Informasi mengenai segala produk yang Anda inginkan juga bisa Anda dapatkan dengan mudah di website kami untuk kenyamanan Anda berbelanja.
Produk pesanan akan kami antar ke rumah Anda dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Dengan pembayaran melalui kartu kredit, transfer antarbank, dan bayar di tempat (Cash on Delivery), kami menawarkan metode pembayaran yang pastinya mudah dan aman demi kenyamanan Anda berbelanja.
Beberapa alasan mengapa konsumen menggunakan jasa Lazada.co.id untuk berbelanja secara online adalah sebagai berikut :
     1.    Merupakan salah satu one-stop-shopping yang bisa memenuhi kebutuhan sehari hari dengan sekejap.
     2.    Menawarkan banyak diskon setiap harinya.
     3.    Layanan bebas ongkos kirim. 
     4.    Lazada menyediakan berbagai jenis sistem pembayaran mulai dari :
          1. Transfer.
           2. Kartu Kredit.
           3. Tunai atau yang lebih sering disebut dengan Cash on Delivery ( COD ).
     5.    Memberikan garansi uang kembali jika barang yang kita beli ternyata saat diterima cacat atau tidak sesuai dengan apa yang terlihat dan tertulis di situs toko online-nya.
     6.     Merupakan toko online retailer berkelas internasional. Lazada tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga ada di negara lain, seperti: Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Philippines.

Daftar pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://www.lazada.co.id/about/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar